UC1NBLOG TeriMakasih atas kunjungannya, TUTORIAL BLOG dan Berbagi Informasi artikel-artikel menarik dan berita terkini

Bahan dan Cara Membuat Pestisida Nabati Berkwalitas

Bahan dan cara membuat Pestisida nabati berkwalitas menjadi penting bagi petani untuk menggantikan maraknya pestisida kimia. Pestisida nabati lebih ramah lingkungan, jika dibanding Pestisida kimia. Pestisida nabati dapat dibuat secara sederhana dan mudah dengan biaya murah sehingga banyak petani beralih untuk dapat menekan biaya produksi pertanian. Pestisida nabati bisa menekan ongkos produksi sampai 40%. Petani sangat butuh alternatif baru guna memangkas biaya produksi mereka. Lalu, agaimana Cara Membuat Pestisida Nabati Berkwalitas? Berikut kami sampaikan Bahan dan cara membuat Pestisida nabati berkwalitas.

Bahan dan cara membuat Pestisida nabati berkwalitas mudah jumpai di alam kita untuk kita manfaatkan. Untuk mengatasi lalat buah kita gunakan daun brotowali . Untuk mengendalikan ulat grayak atau hama penggerek batang kita bisa kombinasikan dengan kecubung wulung. Hama Plutella xylostella pada kubis akan mati dengan larutan/parutan jahe dan cengkeh. Anda juga dapat memanfaatkan Mimba untuk membasmi ulat tanah Agrotis sp, belalang, aphids, dan ulat grayak. Daun mimba dikombinasikan dengan daun sirih bisa mengatasi antraknosa pada tanaman cabe merah.

Bahan dan cara membuat Pestisida nabati berkwalitas berikutnya yakni dengan umbi bawang putih dan bawang merah. Ini mampu mengendalikan serangan ngengat dan kupu-kupu, Alternaria porii, dan layu fusarium. Untuk mengatasi ulat grayak Spodoptera sp dan ulat daun Plutella xylostella, Anda juga dapat memanfaatkan daun mindi sebagai pestisida. Daun cocor bebek bisa Anda manfaatkan dan sangat baik untuk menanggulangi larva ulat daun Plutella xylostella. Akar dan daun serai wangi mujarab untuk mengusir aphids dan tungau. Daun babadotan untuk membasmi ulat pada tanaman sayur atau jika terkena jamur gunakan daun cengkih sebagai fungisida. Umbi gadung juga mujarab mengendalikan aphids dan tikus. Buah maja untuk mengusir jika padi Anda terserang walang sangit. Buah mengkudu adalah bahan larvasida yang tepat untuk tanaman yang terserang larva, atau Kulit / batang pasak bumi guna membasmi lalat buah dan daun tembakau juga bisa membasmi hama Aphids. Teh basi mengusir semut yang mengganggu.

Bahan dan cara membuat Pestisida nabati berkwalitas kita sesuaikan dengan jenis hama yang kita kendalikan. Ini resep pestisida nabati yang ini bisa Anda pakai sesuai jenis penyakit tanaman. Semua resep cukup efektif digunakan, semakin komplit bahan yang Anda gunakan tentunya akan semakin. Resep-resep berikut, mujarab dan berkwalitas.

Bahan dan cara membuat Pestisida nabati berkwalitas:

*Bahan-bahan:
- 3.5 kg kunyit (haluskan), 3.5 kg temulawak (haluskan), 3 kg temu hitam (haluskan), 3 buah maja (haluskan), 100 liter urine sapi.
Cara membuat:
- Tuang urine ke dalam tong. Kemudian campur kunyit, temulawak, temu hitam, dan buah maja yang telah halus, lalu masukkan campuran ini kedalam karung plastik dan ikat. Campuran direndam dalam urine sapi dan aduk tiap tiga hari sekali. Satu bulan karung plastik baru diangkat dan pestisida urinsa siap digunakan. Efektif mengendalikan hama tanaman padi.

*Bahan-bahan:

- 1kg bawang putih halus, tambahkan 100 cc EM4 dan gula pasir 100 gr.
Cara membuat:
- Aduk bahan sampai rata dan larutkan dalam 5 liter air. Diamkan / fermentasikan selama 1 minggu. Saat digunakan saring dahulu.
Aplikasi:
- Dengan melarutkan pada air dengan perbandingan 1:20, efektif mengendalikan thrips pada tanaman cabai.

*Bahan-bahan:

200 -300 gr biji mimba tumbuk halus.
Cara membuat:
- Rendam dalam 10 liter air selama satu malam, aduk rata / saring, disemprotkan ketanaman yang terserang untuk mengendalikan ulat, hama penghisap, jamur, bakteri dan nematoda.

*Bahan-bahan:

- 1 kg Daun mimba ditumbuk halus.
Cara membuat:
-Rendam dengan 10 liter air semalam, saring / untuk obat semprot.

*Bahan-bahan:

- 500 gr Umbi gadung ditumbuk halus .
Cara membuat:
- Peras dan tambahkan 10 liter air, aduk rata kemudian semprotkan ke tanaman. Efektif untuk mengendalikan ulat dan hama penghisap.

* Bahan-bahan:
daun mindi 2 kg, tembakau 2 kg, brotowali 2 kg, buah mengkudu 5 kg, dan andaliman 1 kg.
Cara membuat:
- semua bahan dihaluskan dengan cara menumbuk. Bahan-bahan tersebut direndam/dilarutkan dalam air 10 liter. Simpan selama lima hari dalam wadah yang tertutup rapat .
Kegunaan:
- Pestisida dillarutkan pada media air dengan perbandingan 1:30. Efektif mengendalikan hama kutu kebul pada cabai, tungau, jenis ulat dan lainnya.
Bahan dan cara membuat Pestisida nabati berkwalitas diatas bisa Anda cari di lingkungan sekitar. Praktis dan murah. Sekian tips dari kami mengenai Bahan dan cara membuat Pestisida nabati berkwalitas

Artikel Menarik Lainnya


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For uc1nblog Blog untuk Artikel komputer dan artikel Yang di cari 2012

Blog seputar artikel komputer dan kehidupan sehari hari yang menyuguhkan informasi yang menarik update dicari